latest Post

Putu Ayu



 


Kue Putu Ayu ini berasal dari Pulau Jawa nampak jelas dari namanya yaitu kat Ayu yang dalam bahasa Jawa berarti Cantik kue ini tergolong dalam kategori kue basah. Jadi makna Putu Ayu ini berarti kue yang cantik, ya memang benar cantik seperti pada bentuk dari kue itu sendiri lekukan yang ada pada bentuk kue tersebut yang membuat kue itu tampak cantik. Selain bentuk tampilannya yang cantik kue putu ayu ini juga memiliki rasa yang nikmat, lezat serta lembut saat di makan. Bahan dari kue putu ayu ini hampir sama dengan kue putu yang biasa di jual dengan membunyikan suara "nging"  namun perbedaan antara kedua putu tersebut terletak pada rasanya. Kue putu ayu ini cenderung lembut dan memiliki ciri pada warna hijau dan parutan kelapa yang di taburkan diatasnya yang membuat kue ini semakin cantik. Cukup dengan Rp 15.000,. per loyang anda dapat merasakan nikmat kelembutan dari kue putu ayu ini. Jajanan pasar ini sering di jumpai di pasar-pasar tradisional banyak pula di beberapa toko daerah Jawa yang menjual kue putu ayu.


Resep Putu Ayu

Bahan Kue Putu Ayu  :

    125 gr tepung terigu
    75 gr gula pasir
    1 sdt pasta pandan
    2 butir telur
    1 sdt garam
    1 sdt emulsifier
    100 ml santan agak kental, didihkan
    kelapa parut dan garam, kukus


Cara Membuat  :

    Kocok telur, gula pasir, garam dan emulsifier hingga adonan mengembang, kental dan berwarna putih.
    Masukkan tepung terigu.
    Masukan santan dan pasta pandan sedikit demi sedikit , aduk hingga adonan tercampur rata.
    Campurkan kelapa dan garam aduk rata.
    Siapkan cetakan, isi dengan kelapa parut sambil ditekan agar kelapa padat.
    Tuangkan adonan hingga ¾ cetakan.
    Panaskan panci pengukus.
    Kukus adonan selama 15 menit, angkat dan keluarkan dari cetakan.


Note :

    Tutup panci pengukusnya sebisa mungkin dibalut menggunakan kain serbet supaya air dari uap panasnya tidak jatuh di adonan kue, karena ini bisa mengurangi cita rasa kue itu sendiri.
    Jangan menggunakan api yang terlalu besar agar kukusan tidak  terlalu panas sehingga bisa menyebabkan kue tersebut merekah.
    Sebaiknya menggunakan kelapa yang cukup muda agar kelapa tampil rapi dan menarik,begitu pula saat memasukkan ke dalam cetakan dengan cara sedikit ditekan agar lebh padat.

http://www.butania.com/2015/02/resep-membuat-kue-tradisional-putu-ayu-cantik.html

About Unknown

Unknown
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar

Diagonal Select - Hello Kitty 2